Inilah Alasan Mengapa Harga Ayam Broiler Cenderung Kurang Stabil

Banyaknya kebutuhan akan bahan pangan ayam memungkinkan banyak orang mencoba usaha tersebut. Apalagi usaha ternak ayam ini bisa ditempuh dengan cara yang lebih mudah. Siapapun saya rasa mampu mencoba peruntungan pada usaha tersebut. Sekarang ini harga ayam broiler cenderung kurang stabil. Entah apapun itu penyebabnya namun pembeli ayam jenis broiler ini masih terbilang banyak. Tak bisa dipungkiri lagi jika ayam tersebut bisa anda panen dalam jangka waktu lebih cepat.

Hal ini tentunya memungkinkan hadirnya banyak pemasok ayam jenis broiler. Jika kita bandingkan dengan jenis ayam yang lain dari segi harga cenderung lebih murah. Dimana siapapun tentu bisa dengan mudah memperolehnya dipasaran. Naiknya harga jual dari ayam broiler ini terkadang karena pembelian dari peternaknya terbilang terus naik. Tentunya anda sebagai pembeli harus mengerti mengapa harga daging ayam broiler ini cenderung naik. Hal ini tak lain dikarenakan berbagai macam faktor berikut ini:

  • Permintaan ayam menjelang ramadhan semakin naik

Siapa sangka menjelang bulan ramadhan harga ayam broiler ini kebanyakan cenderung naik tajam. Hal ini memungkinkan para peternak meraup keuntungan yang besar. Apalagi permintaan akan kebutuhan ayam dipasaran juga cenderung naik. Konsumen mengaku mereka lebih memilih ayam broiler jika dibandingkan dengan jenis daging lainnya.

  • Terjangkit penyakit ayam

Pemberian vaksin pada ayam ternyata penting sekali dilakukan. Hal ini terkait dengan kesehatan tubuh ayam itu sendiri. Permintaan ayam cenderung kurang stabil hanya karena banyaknya ayam sudah terjangkit penyakit ayam. Biasanya penyakit yang menyerang itu adalah flu burung. Inilah mengapa stok ayam dipasaran semakin menipis hingga berpengaruh pada kisaran harganya.

  • Harga pakan ternak ayam semakin naik

Naiknya harga ayam dipasaran ternyata juga disebabkan oleh naiknya harga pakan ternak itu sendiri. Hal ini seakan menjadikan para pedagang dilanda rasa kebingungan. Dimana biaya produksi yang harus mereka keluarkan semakin membengkak. Hingga akhirnya jalan yang harus ditempuh tentunya dengan menaikkan harga ayam itu sendiri.

Itulah tadi berbagai macam penyebab mengapa harga ayam jenis broiler dipasaran cenderung tidak stabil. Semuanya terjadi karena berbagai macam faktor di atas.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>